Tuesday, April 23, 2013

yuk, Berkebun dilahan Minim



Alangkah indahnya apabila kita dapat melihat sekitar rumah kita menjadi bersih dan hijau. Berkebun bersama keluarga, menghiasi pekarangan rumah dengan tanaman obat, buah atau pun sayuran yang hasilnya dapat di konsumsi dan menguntungkan si pemilik rumah merupakan suatu kegiatan yang menyenangkan. Namun hal tersebut terkendala dengan keterbatasan lahan yang ada di Surabaya karena sebagian besar rumah warga pekarangan rumahnya sudah ditutupi semen.

halaman di plester semen :(
Solusi berkebun dilahan minim adalah:  
Memanfaatkan atap, teras rumah dan disamping bangunan untuk berkebun.



bagus ya?

buat lebih jelas bagaimana membuat taman diatas rumah boleh ni klik >> http://kerockan.blogspot.com/2013/03/cara-membuat-taman-di-atap-rumah.html
Untuk pilihan penanaman pada atap bangunan, tanaman yang ditanam adalah tanaman yang tidak terlalu besar, dengan perakaran yang mampu tumbuh dengan baik pada media tanam yang terbatas, tahan terhadap hembusan angin serta relatif tidak memerlukan banyak air.

 Tanaman dengan memakai media tambahan, seperti pot dengan berbagai ukuran sesuai lahan yang tersedia. Pot tersebut dapat mengunakan barang bekas yang bisa di reuse seperti kaleng cat atau kaleng susu.



 Pada teras rumah, dapat menggunakan bekas pipa yang di potong setengah di beri media tanah dan kompos. Tanaman yang sesuai yaitu sayur mayur seperti kangkung dan slada.  

sayuran yang ditanam di pipa

Bila hasilnya berlebihan, dapat dijual sebagai tambahan uang keluarga. Pupuk alami mampu dibuat sendiri dari sisa-sisa sampah dapur. Potongan-potongan sayuran, kulit buah atau sisa-sisa makanan merupakan bahan organik yang bermanfaat.
Dengan memaksimalkan penghijauan skala rumah tangga yang ramah lingkungan, dapat meningkatkan kondisi lingkungan dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas area hijau di Wilayah anda agar menjadi Kota yang bersih dan hijau.

Rr.Mutiara Adhi Sarasati
Mahasiswa Ilmu dan Teknologi Lingkungan Unair

1 komentar:

Unknown said...

siiippp bole d cobaa...^-^

Post a Comment